Jumlah Pengunjung

Selasa, 09 April 2013

Teknik Skrambel


Istilah “Skrambel” berasal dari bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “perebutan, pertarungan, perjuangan . Teknik “skrambel” biasanya dipakai oleh anak-anak sebagai permainan yang pada dasarnaya merupakan latihan pengembangan dan peningkatan wawasan pemilikan kosakata kosakata dan huruf huruf yang tersedia.Teknik permainan ini pada prinsipnya menghendaki siswa supaya melakukan penyusunan atau pengurutan suatu struktur bahasa yang sebelumnya dengan sengaja telah dikacaukan susunannya. Berdasarkan sifat jawabannya, skramble terdiri atas bermacam macam bentuk.
a. Skrambel kata, yakni sebuah permainan yang menyusun kata-kata dari huruf- huruf yang telah
    dikacaukan letak huruf-hurufnya sehingga membentuk suatu kata tertentu yag bermakna.
     Misalnya dari huruf-huruf : lewerkala menjadi kelelawar; opmketru menjadi komputer
 b. Skrambel Kalimat, yakni sebuah permainan menyusun kalimat dari kata-kata  acak. Bentukan
     kalimat dimaksud hendaknya logis, bermakna, tepat dan benar.
c. Skrambel Wacana, yakni sebuah permainan menyusun wacana logis  berdasarkan kalimat atau
    paragraf acak. Hasil susunan wacana dalam permainan skrambel hendaknya logis dan
    bermakna.

2. Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Teknik Skrambel
Skrambel adalah salah satu permainan bahasa pada hakikatnya permainan bahasa merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh keterampilan tertentu dengan cara menggembirakan(Suparno 1998:60) Dengan bermain siswa akan memperoleh kegembiraan atau kesenangan,selain itu keterampilan tertentu akan diperolehnya dengan tidak sengaja. Dalam setiap permainan terdapat unsur rintangan dan tantangan yang harus dihadapi dan dipecahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar