Jumlah Pengunjung

Senin, 29 April 2013

Bhs Ind Kls 4 Smt 2 : Pengumuman

Pengumuman adalah pemberitahuan tentang suatu hal kepada orang banyak. Pengumuman dapat berbentuk lisan maupun tulisan Ciri Pengumuman yang baik adalah :menggunakan bahasa yang singkat,padat dan mudah dipahami Bahasa yang singkat berarti ringkas tidak berbelit-belit Bahasa yang padat berarti hubungan erat antara kalimat yang satu dengan kalimat yang lain sehingga membentuk paragraf yang padu. Pokok-pokok Pengumuman : a. Kepada siapa pengumuman ditujukan ( sasaran pengumuman ) b. Isi Pengumuman c. Tempat dan tanggal pembuatan pengumuman d. Nama dan jabatan pembuat pengumuman Pengumuman terbagi menjadi 3 hal besar yaitu : pendahuluan,isi, Penutup Pengumuman dipasang pada Papan Pengumuman,Media Elektronik ( TV dan Radio ),Media Cetak ( Koran,Majalah ), dibacakan langsung. Cara membaca Pengumuman : a. Harus memperhatikan intonasi. Intonasi adalah cara melagukan kalimat. b. Gunakan lafal yang jelas c. Membaca dengan perlahan-lahan dan tidak tergesa gesa Langkah-langkah membuat pengumuman : a. Susunlah dahulu kalimat pembuka. Contoh : Diumumkan kepada... , Diberitahukan kepada... b. Pada kalimat pembuka, sebutkan untuk siapa pengumuman itu ditujukan c. Kemudian tulis isi pengumuman yang terdiri atas : hari, tanggal, waktu, tempat dan keperluannya d. Akhiri pengumuman dengan menginformasikan hal-hal yang belum ditulis pada isi pengumuman e. Akhiri dengan ucapan terima kasih f. Tulislah nama pembuat pengumuman beserta jabatanya.

Bhs Ind Kls 4 Smt 2 : PUISI



Puisi adalah karangan yang terikat oleh bait, baris, sajak dan isi.
Membaca Puisi berarti menyarakan kata-kata puisi dengan mantap,bulat   (jelas) disertai intonasi  dan lafal yang tepat, penuh penghayatan kemudian di ekspresikan.
Sebelum membaca puisi perhatikan tanda jeda dulu.
Jeda adalah pemberhentian sementara dalam dalam membaca kalimat.
Intonasi adalah tekanan suara pada sebuah kalimat.
Bahasa yang digunakan dalam puisi adalah singkat, padat dan indah. Namun makna puisi sangat luas
Berdasarkan waktu pembuatan puisi dibagi 2 :
  1. Puisi lama.
Ciri –ciri Puisi Lama : Disampaikan dari mulut ke mulut
Yang termasuk Puisi Lama : Mantra, Bidol, Pantun, Karmina ( Pantun Kilat ), Talibun, Syair
  1. Puisi Baru
Ciri Puisi Baru : Merupakn hasil karya para penyair  angkatan Balai Pustaka dan Pujangga Baru.
Yang termasuk puisi baru : Terzina, Quatrin,Sextet, Soneta
Pantun : puisi lama yang teridiri dari empat baris dalam satu bait.
Pada saat membaca puisi harus memperhatikan hal-hal berikut :
  1. Vokal  atau ucapan harus benar
  2. Penjedaan harus jelas
  3. Kata-kata penting harus diberi tekanan yang kuat
  4. Ekspresi kata sesuai dengan makna
  5. Paham akan isi puisi yang dibaca
  6. Intonasi / lagu kalimat
Parafrase puisi adalah mengubah bentuk puisi menjadi prosa.
Berdasarkan isinya puisi dibedakan :
  1. Romansa : puisi yang berisi curahan rasa cinta
  2. Elegi : puisi yang berisi cerita sedih ( duka cita )
  3. Ode : puisi yang berisi sanjungan kepada tokoh ( pahlawan )
  4. Himne : puisi yang berisi doa atau pujian kepada Tuhan
  5. Epigram : puisi berisikan slogan atau semboyan untuk membangkitkan perjuangan dan semangat hidup
  6. Satire : puisi yang berisikan kisah cinta.
Membaca puisi berbeda dengan membaca prosa atau drama, sebab membaca puisi mengutamakan segi keindahan atau estetika. Dalam membaca puisi, pembaca tidak sekedar membunyikan kata-kata .

Bhs Ind Kls 4 Smt 2 : Karangan

KARANGAN

Bagaimana cara mudah menulis karangan ? Caranya dengan membuat kerangka karangan terlebih dahulu. Kerangka karangan adalah suatu rencana kerja yang memuat garis besar secara lengkap.
Karangan adalah : bentuk tulisan yang mengungkapkan ide, pikiran dan perasaan pengarang dalam satu kesatuan tema yang utuh.
Kerangka berguna agar :
1.       Penulis dapat memikirkan hal-hal yang akan ditulis dalam karangan
2.       Urutan hal atau masalah yang akan ditulis runtut sesuai dengan alur karangan.
Setelah menulis pokok pokok karangan kita kembangkan karangan yang utuh dan lengkap. Sebuah karangan mengandung satu gagasan pokok.
Berdasarkan penyajiannya karangan dibedakan menjadi:
  1. Karangan deskripsi : Karangan yang menggambarkan suatu objek ( benda, orang atau situasi )
  2. Karangan narasi : karangan yang menyajikan peristiwa yang seolah olah dialami sendiri oleh si pembaca.
  3. Karangan Eksposisi : Karangan yang memaparkan sejumlah pengetahuan dan informasi
  4. Karangan Argumentasi : Karangan yang bertujuan untuk membuktikan suatu kebenaran sehingga pembaca menyakini kebanaran itu
  5. Karangan persuasi : karangan yang bertujuan untuk mempengaruhi pembaca
Langkah – langkah menyusun karangan :
  1. Menentukan tema karangan
  2. Menyusun kerangka karangan . Kerangka karangan adalah suatu tencana kerja yang memuat garis besar secaralengkap.
  3. Mengumpulkan data
  4. Mengembangkan kerangka karangan
Gagasan utama  biasanya dituliskan dalam kalimat utama / kalimat topik yang terdapat pada awal atau akhir paragraf.
Gagasan Penjelas ditulis dalam kalimat penjelas yang merupakan uraian atau rincian dari kalimat utama.
                Menurut bentuknya karangan terbagi dalam tiga macam yaitu prosa, puisi dan drama. Karangan berdasarkan pengalamantermasuk prosa karena disusun dalam bentuk bebas dan terperinci.
Unsur pembangun dalam cerita karangan :
  1. Tema : inti persoalan yang muncul dalam cerita
  2. Tokoh : pelaku dalam cerita . Watak tokoh ada 2 yaitu Antagonis ( tokoh jahat ) dan Protagonis ( tokoh baik )
Watak adalah : sifat batin manusia yang mempengaruhi segenap pikiran dan tingkah lakunya dalm kehidupan sehari-hari. Watak dapat dilihat dari : ucapan,sikap tingkah laku dan hubungan tokoh itu dengan tokoh lain.
  1. Latar : tempat, waktu dan suasana terjadinya peristiwa dalam cerita.
  2. Alur : rangkaian peristiwa atau jalannya peristiwa dalam cerita.
  3. Amanat : pesan pemecahan yang ditawarkan pengarang dalam cerita.
Cara penulisan judul Karangan adalah :
  1. Judul ditulis di bagian tengah atas
  2. Judul tidka boleh diberi tanda titik
  3. Judul diawali dengan huruf besar, kecuali kata depan ( di, ke, dari, yang, untuk, dengan ) yang tidak terletak pada awal judul.
Dalam menulis karangan, wacana, artikel atau apapun yang berkaitan dengan tulis menulis maka kita harus mengetahui jenis-jenis paragraph antara lain :
1. Paragraf deduktif adalah kalimat utama di awal (umum-khusus)
Cirri-ciri paragraph deduktif adalah
a. Definisi
b. Pernyataan
c. Pendapat
Contoh : Masalah yang kita hadapi sebenarnya adalah penyaluran dan pemasaran produksi beras. Supaya produksi semakin meningkat tidak berhenti, penyaluran dan pemasaran harus tetap dilaksanakan. Sekarang yang melakukan dan pemasaran adalah bulog.

2. Paragraf induktif adalah kalimat utama diakhir
Ciri-ciri paragraph induktif
1. Definisi
2. Pernyataan
3. Pendapat
4. Kesimpulan
Contoh : Budi seorang lulusan STM yang kini memiliki bengkel besar ia mengatakan ia berasal dari keluarga kurang mampu yang tidak memiliki modal. Ternyata kuncu sukses bukan karena banyaknya modal tetapi karena keuletan.

3. Paragraf Campuran (deduktif-induktif) adalah kalimat utama diawal ditegaskan lagi diakhir.
Contoh : Bagi manusia bahasa merupakan alat komunikasi yang sungguh penting. Dengan bahasa manusia dapat menyampaikan isi hati kepada sesamanya. Dengan bahasa itu pula manusia mewarisi dan mewariskan, menerima dan member pengetahuan kepada sesamanya. Bahkan dengan bahasa pula manusia dapat mengekspresikan jiwa seninya. Dengan demikian jelaslah bahwa bahasa merupakan sarana komunikasi yang sangat penting dalam kehidupan manusia.

Kamis, 25 April 2013

IPA Kelas 4 Smt 2 :Kenampakan Bumi dan Benda langit

Kenampakan Permukaan Bumi dan Benda Langit


1.      Rotasi bumi adalah berputarnya bumi pada porosnya
2.      Sekali berotasi bumi membutuhkan waktu 24 jam
3.      Terjadinya siang dan malam akibat dari rotasi bumi
4.      Jarak matahari ke bumi sekitar 150 juta kilometer
5.      Bumi berotasi dengan arah gerakdari barat ke timur.Akibatnya matahari seolah terbit dari timur dan tenggelam di sebelah barat.
6.      Rotasi bumi menyebabkan air laut mengalami pasang naik sebanyak 2 kali sehari.
7.      Pasang naik air laut adalah keadaan permukaan air laut yang naik
8.      Pasang surut air laut adalah keadaan permukaan air laut yang turun
9.      Penyebab terjadinya pasang surut air laut adalah gaya gravitasi bulan pada bumi
10.  Pasang surut air laut dapat dikatagorikan menjadi 2 yaitu : Pasang Purnama dan Pasang Perbani
11.  Pasang Purnama terjadi ketika bumi,bulan dan matahari berada dalam satu garis lurus
12.  Pasang Perbani terjadi  ketika bulan, bumi dan matahari membentuk sudut siku-siku.
13.  Kala rotasi bulan sama dengan kala revolusinya yaitu 29,5 hari ( satu bulan )
14.  Kesamaan antara kala rotasi bulan  dan kala revolusi bulan mengakibatkan permukaan  bulan yang menghadap ke bumi selalu sama.
15.  Bulan adalah satelit bumi
16.  Rotasi bulan adalah perputaran bulan pada porosnya
17.  Revolusi bulan adalah perputaran bulan mengelilingi bumi
18.  Kenampakan bulan dilihat dari bumi seperti berubah bentuk karena pancaran sinar matahari ke berbagai arah
19.  Fase-fase bulan adalah perubahan bentuk bulan
20.  Bulan merupakan satelit bumi.
21.  Fase-fase bulan terdiri dari :



·         Bulan Baru : Pada hari Pertama Bulan berada diantara bumi  dan matahari dalam satu garis lurus ( bulan tidak tampak )
·         Bulan Sabit : Pada hari Keempat dan Keduapuluh lima Bulan berbentuk melengkung
·         Bulan Paruh : Pada hari Kedelapan dan Keduapuluh satu  Bulan berbentuk separuh lingkaran
·         Bulan Cembung : Pada hari kesebelas Tujuh Belas  dan Bulan berbentuk menyerupai cakram
·         Bulan Penuh : Pada hari keempat belas Bulan berbentuk seperti lingkaran penuh. Disebut juga bulan purnama.

Bintang  adalah benda langit yang  dapat  memancarkan cahaya sendiri.
22.  Bintang merupakan bola padat yang terdiri dari gas hidrogen yang panasnya 3000-50.000 derajat celcius
23.  Bintang tampak kecil karena jaraknya jauh dari bumi
24.  Bintang tampak pada malam hari , sebenarnya siang juga tampak tetapi kalah kuat dengan cahaya matahari.
25.  Rasi Bintang adalah Letak bintang yang berdekatan dan membentuk pola tertentu.
26.  Beberapa Rasi Bintang antara lain :
a.  Rasi Bintang Pari ( Layang-layang ) dapat di lihat diselatan . Dapat dijadikan arah mata
     angin  selatan
b.  Rasi Bintang Biduk ( Pedati  Sungsang ). Dapat digunakan menentukan arah Utara
c.  Rasi Bintang Kalajengking  ( Scorpio ). Dapat digunakan menentukan arah Tenggara
d. Rasi Bintang Waluku ( Orion ). Dijadikan sebagai petunjuk para petani untuk bercocok
      tanam
27.  Rasi Bintang Biduk disebut juga Rasi Bintang Beruang Besar
28.  Bintang yang paling panas berwarna biru
29.  Bulan bukan termasuk bintang karena tidak memancarkan sinar
30.  Bintang yang paling terang  bila dilihat dari bumi adalah matahari




Selasa, 23 April 2013

JUARA OSN Kab. bondowoso 2013

LOMBA OSN KABUPATEN BONDOWOSO 2013
JUARA III : KENANGA DYA PRAMEISWARI

Peraih Medali Perak KMNR 2013

Peraih Medali Perak Kompetisi Matematika Nalaria Realistik (KMNR)
se Indonesia ke-8 di Bogor .Tanggal 21 April 2013
" RAFI ISLAMI PRASYA" Kelas 3


Senin, 22 April 2013

Alternatif Pengecekan Dapodik



Alternatif Pengecekan Data Guru Selain http://116.66.201.163:8083/info.php#



Alamat website p2tkdikdas.kemdikbud.go.id, menjadi incaran para pemilik kepentingan yang ingin mengetahui status datanya. P2TK Dikdas memberikan alamat web untuk pengecekan data guru melalui
http://116.66.201.163:8083/info.php# namun akhir-akhir ini, dengan banyaknya yang mengakses, terkadang sulit untuk membukanya.

Nah.. kalau anda biasanya coba cek verifikasi data PTK di
http://116.66.201.163:8083/info.php# mungkin agak kurang lancar, tapi sekarang ada alternatif lain selain alamat yang biasa kita gunakan. Alamat alternatif untuk pengecekan data guru adalah http://223.27.144.195/info.php, mungkin dengan adanya alamat website dengan IP Adress http://223.27.144.195/info.php, bisa meringankan beban server. Lalu, caranya gimana, ya langsung saja menuju alamat tersebut, dan lakukan seperti biasa yaitu dengan memasukkan NUPTK dan tanggal lahir. Kalau berhasil login maka akan keluar info data PTK yang berisi 20 field data yang harus valid sesuai dengan persyaratan tunjangan.

Demikian dulu, informasi dari saya, kapan-kapan disambung lagi, terimakasih dan salam persahabatan.

UPDATE

sekarang kalau anda masuk di
http://116.66.201.163:8083/info.php#, anda akan diberikan alternatif pengecekan data guru, silakan coba semua...

LAYANAN LEMBAR INFORMASI DATA GURU P2TK DIKDAS TELAH BERPINDAH ALAMAT KE :
Info (Mirror 1) | Info (Mirror 2)
Info (Mirror 3) | Info (Mirror 4)

Jumat, 19 April 2013

Situs situs Pendataan Sekolah


Situs-situs Pendataan Sekolah dan situs Aneka Tunjangan


Link-link yg bisa di akses oleh Operator Sekolah yg berhubungan dng pendataan:
1. http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/ (manajemen pendatan dikdas)
2. http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/new/index.php/ (web Info Pendataan dikas)


3. http://103.10.170.164/sd/login.php (pendataan siswa dan nilai tuk SD/MI di Jabar)
4. http://103.10.170.163/sd/login.php (pendataan siswa/peserta UN SD/MI dan nilai tuk nasional selain jabar dan jateng)
5. http://103.10.170.165/smp/login.php (pendataan siswa/peserta un dan nilai SMP/Mts khusus Jabar)
6. http://103.10.170.166/smp/login.php (pendatan siswa/peserta un dan nilai SMP/MTs selain JABAR dan JATENG)
7. http://116.66.201.163:8083/info.php (pengecekan data guru yg sdah disertifikasi)
8. http://116.66.201.163:8000/index.php (pengecekan SK Tunjangan Seritifikasi, TUnjangan Fungsional, Tunjangan Kualifikasi Akademik, dan Tunjangan Khusus)
9. http://nisn.data.kemdiknas.go.id/page/data (pengecekan NISN)
10. http://bos.kemdikbud.go.id/ (Web BOS)
11. http://refsp.data.kemdikbud.go.id/ dan http://npsn.data.kemdiknas.go.id/ utk lihat atau cek data
12. tuk cek NUPTK: http://nuptk.kemdikbud.go.id/ (yg bisa login hanya operator NUPTK) yg lain hanya bisa melihat saja
13. utk forum UN http://forumdata.infoun.info/index.php
14. http://sergur.kemdiknas.go.id/ (Info tentang sertifikasi
15. http://www.bkn.go.id/ (Informasi tentang CPNS)
16. http://www.lpmpjabar.go.id/ ( Informasi Mutu Pendidikan)
17. http://dikmen.kemdikbud.go.id/html/index.php ( Informasi pendidikan untuk sekolah )

Minggu, 14 April 2013

Simulasi Soal UKG Online 2013

Simulasi Soal UKG Online 2013


Situs UKG online sendiri memberikan kesempatan besar bagi para pengguna, disana bisa mencoba bagaimana cara memasukan NUPTK dan No Ujian atau sebagainya. Lalu para guru dapat berlatih bagaimana membaca soal serta menjawab jawaban pada kolom situs itu, tidak berbeda jauh dengan kenyataan seperti beberapa saat lalu.
Untuk Melatih kesiapan kita dalam menghadapi UKG online 2013 berikut ini tautan yang dapat Anda kunjungi guna Berlatih Menyelesaikan Soal UKG online 2013, silahkan klik disini

Selamat Mencoba . Salam Pendidik dari Agus Prihatono

Rabu, 10 April 2013

Pengertian JJM dan JJM KTSP serta JJM Linier


Pengertian JJM, JJM KTSP dan JJM Linier pada 
Pengecekan Data Guru Dapodik




Dipublikasikan oleh : AGUS PRIHATONO ( GURU SD N KOTAKULON 1 BONDOWOSO )

Operator sekolah setelah data aplikasi dapodik di upload ke server dan di terima bisa langsung melakukan Pengecakan Data Guru Dapodik untuk memastikan data yang kita kirim valid atau masih ada kesalahan. Berbeda dengan hari sebelumnya yang hanya terdapat JJM (jumlah Jam Mengajar Pada Rincian Jam Mengajar), sekarang pada tabel rincian jam mengajar terdapat tiga pembagian JJM.
JJM adalah jumlah Jam mengajar, data ini berpengaruh dari jumlah jam yang kita masukkan dalam aplikasi pendataan bagian pembagian rombongan belajar.
JJM KTSP adalah jumlah jam mengajar kurikulum operasional yang disusun oleh dan dilaksanakan di masing-masing satuan pendidikan. Jam mengajar dihitung sesuai dengan kurikulum yang berlaku. Misal: kurikulum yg berlaku utk jam mengajar Guru Kelas 24  jam. Tetapi diisi 6 jam. Maka JJM KTSP tidak akan dihitung jam mengajarnya di P2TK.
JJM Linier adalah Jam Mengajar yang dihitung sesuai dengan Sertifikasi Bidang Studi
(misal: Sertifikasi Bidang Studinya Bhs. Inggris, tetapi mengajar MTK, itu tidak dihitung jam mengajarnya di P2TK)

Moga Bermanfaat
Salam Pendidik dari Agus Prihatono


Cara Perbaiki Data PTK Dapodik yang tidak Valid


Cara Memperbaiki Data PTK Bermasalah
Oleh Agus Prihatono SDN Kotakulon 1 Bondowoso
Banyaknya data PTK yang masih dianggap belum valid, dan banyaknya pertanyaan bagaimana cara memperbaikinya, baiklah saya mencoba merangkum dan memberikan solusi yang mudah-mudahan bermanfaat..


1. Point 8-9 tidak valid, nama pangkat golongan dan TMT gol kosong/tidak sesuai
Kemungkinan kesalahan : pengisian pada pangkat, golongan, jabatan fungsional, TMT awal-akhir

Cara memperbaiki : isi pangkat golongan, jabatan fungsional, isi no. SK Inpassing untuk Non PNS

2. Point 10, tugas tambahan kosong, jika anda mempunyai tugas tambahan
Kemungkinan kesalahan : pada kolom jabatan, tugas tambahan guru, kolom riwayat terdaftar

Cara memperbaiki :
-          Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
-          Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

3. Point 17 tidak valid, id bidang studi sertifikasi kosong
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data nomor sertifikat pendidik, NRG, bidang studi sertifikasi, tahun sertifikasi.

Cara memperbaiki : cek kembali data tersebut terutama NRG (yang sudah memiliki NRG adalah peserta sertifikasi <2011 p="p">

4.Point 20 tidak valid, JJM kurang dari 24 jam
Kemungkinan kesalahan : pada pengisian data rombel, PTK mengajar, tugas tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar

Cara memperbaiki :
-          isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
-          Untuk guru dengan tugas tambahan kepala sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah
-          Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya

5.Point 15, gaji pokok kosong untuk PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala.

Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

6.Point 15, gaji pokok kosong untuk Non PNS
Kemungkinan kesalahan : pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala, no. SK Inpassing
Cara memperbaiki : cek kembali dan lengkapi data tersebut

7.Point 18, tahun pensiun kosong, atu sudah terlewati
Kemungkinan kesalahan : pengisian data tanggal lahir, TMT
Cara memperbaiki : isi tanggal lahir dengan benar


Yang penting, kita harus menghargai upaya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam mengelola database Dapodik secara online. Walaupun terkadang membuat kita bingung dan cemas, karena data yang sudah terisi dengan benar tetapi ketika dicek tidak sesuai dengan yang diharapkan. Dalam mekanisme sistem kerja database memang tidak selamanya berjalan sempurna, namun sepertinya hal itu terus diperbaiki.

Dan yang harus digarisbawahi adalah Perbaikan Data tersebut hanya bisa dilakukan pada aplikasi pendataan sekolah oleh operator dapodik sekolah masing-masing yang kemudian hasil perbaikan data dikirim kembali ke server pendataan sekolah, untuk diproses lebih lanjut. jika data anda masih bermasalah silakan tinggalkan komentarnya.

Selasa, 09 April 2013

Teknik Skrambel


Istilah “Skrambel” berasal dari bahasa Inggris yang dapat diterjemahkan dalam bahasa Indonesia “perebutan, pertarungan, perjuangan . Teknik “skrambel” biasanya dipakai oleh anak-anak sebagai permainan yang pada dasarnaya merupakan latihan pengembangan dan peningkatan wawasan pemilikan kosakata kosakata dan huruf huruf yang tersedia.Teknik permainan ini pada prinsipnya menghendaki siswa supaya melakukan penyusunan atau pengurutan suatu struktur bahasa yang sebelumnya dengan sengaja telah dikacaukan susunannya. Berdasarkan sifat jawabannya, skramble terdiri atas bermacam macam bentuk.
a. Skrambel kata, yakni sebuah permainan yang menyusun kata-kata dari huruf- huruf yang telah
    dikacaukan letak huruf-hurufnya sehingga membentuk suatu kata tertentu yag bermakna.
     Misalnya dari huruf-huruf : lewerkala menjadi kelelawar; opmketru menjadi komputer
 b. Skrambel Kalimat, yakni sebuah permainan menyusun kalimat dari kata-kata  acak. Bentukan
     kalimat dimaksud hendaknya logis, bermakna, tepat dan benar.
c. Skrambel Wacana, yakni sebuah permainan menyusun wacana logis  berdasarkan kalimat atau
    paragraf acak. Hasil susunan wacana dalam permainan skrambel hendaknya logis dan
    bermakna.

2. Pembelajaran Membaca Pemahaman dengan Teknik Skrambel
Skrambel adalah salah satu permainan bahasa pada hakikatnya permainan bahasa merupakan suatu aktivitas untuk memperoleh keterampilan tertentu dengan cara menggembirakan(Suparno 1998:60) Dengan bermain siswa akan memperoleh kegembiraan atau kesenangan,selain itu keterampilan tertentu akan diperolehnya dengan tidak sengaja. Dalam setiap permainan terdapat unsur rintangan dan tantangan yang harus dihadapi dan dipecahkan

DAMPAK GLOBALISASI KLS.4 SMT.2


DAMPAK GLOBALISASI


A. DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF DARI GLOBALISASI
Dampak positif Globalisasi
a. Meningkatkan dinamika (perubahan) Komunikasi dan Transportasi
b. Terbukanya lapangan pekerjaan
c. Pesatnya Pertumbuhan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dibidang HAM dan Lingkungan Hidup
d. Menumbuhkan semangat toleransi antar sesama penduduk dunia
e. Pesatnya gerakan demokrasi di berbagai negara
Dampak Negatif Globalisasi
a. Semakin kuatnya kelompok ekonomi kuat dan semakin lemahnya daya saing pemilik modal kecil
b. Menurunnya kualitas Sumber Daya Alam
c. Meningkatnya Kerusakan Lingkungan
d. Semakin canggihnya tindak kejahatan yang mengguakan teknologi canggih
e. Meningkatnya BudayaKonsumtif (yaitu budaya atau kebiasaan masyarakat untuk membeli barang-barang yang bukan kebutuhan pokok atau mendesak.)

B. DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP INDONESIA
1. Di Bidang Politik
a. Meningkatnya kesadaran dan gerakan menyuarakan demokratisasi, penegakan HAM dan supremasi hukum
b. Semakin kuatnya pengawasan masyarakat terhadap kinerja pemerintah demi tegaknya pemerintahan yang bersih, transparan, profesional, dan bertanggung jawab
c. Maraknya gerakan demonstrasi (unjuk rasa) yang melibatkan massa, sebab masyarakat mengikuti budaya politik berbagai negara yang sering terlihat di berbagai media massa. Selain itu demostrasi juga diperbolehkan oleh Undang-Undang walaupun kadang-kadang melanggar undang-undang
d. Semakin banyak terbentuknya partai politik, organisasi nonpemerintah dan LSM.
2. Di Bidang Ekonomi
a. Adanya liberalisasi perdagangan mendorong pemilik modal besar semakin kuat dan pemilik modal kecil semakin lemah dalam persaingan bebas
b. Banyaknya industri besar bertaraf internasional menggunakan perangkat teknologi canggih. Hal ini membuat industri tersebut memerlukan sedikit SDM.
c. Kuatnya pengaruh mata uang dollar Amerika Serikat terhadap perekonomian indonesia
d. Privatisasi bebberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN)
e. Berkurangnya subsidi bagi rakyat
3. Di Bidang Sosial Budaya
a. Semikin tumbuhnya sikap individualistis dan lunturnya sikap toleran, kesetiakawanan sosial dan gotong royong
b. Semakin memudarnya nilai moralitas dan agama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
c. Semakin derasnya nilai-nilai budaya dan gaya hidup barat yang diterima masyarakat melalui media cetak maupun media elektronik dan ditiru mentah-mentah meskipun belum tentu sesuai dan cocok dengan kebiasaan dan budaya sendiri
4. Di Bidang Lingkungan Hidup
a. Meningkanya pencemaran air dan udara akibat aktivitas industri-industri besar di indonesia
b. Meningkatnyakerusakan hutan akibat penebanganbesar-besaran, baik yang legal maupun ilegal
c. Meningkatnya peristiwa kebakaran hutan yang diakibatkan oleh pembukaan hutan dengan cara membakar hutan.



C. DAMPAK GLOBALISASI BAGI KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA
Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Bermasyarkat
a. Semakin tumbunya pola hidup individualistis dan pragmatis
b. Tingkat kepedualian dan kesetiakawanan sosial dirasakan semakin luntur
c. Interaksi dan kebersamaan sosial secara fisik cenderung berkurang, namun dinamika komunikasi dan jangkauan masyarakat semakin luas
d. Semakin tingginya persaingan hidup masyarakat
e. Nilai-nilai moral etik dalam pergaulan masyarakat cenderung semakin terabaikan
2. Dampak Globalisasi dalam Kehidupan Berangsa dan Bernegara
Semakin meningkatnya kesadarn masyarakt akan hak dan kewajibannya sebgai warga negara
Tingkat kontrol masyarakat terhadap pemerintah semakin meingkat
Pola hubungan antar negara semakin dekat dan saling terkait, ketergantungan dan pengaruh-mempengaruhi
Semakin tingginya kesadaran masyarakt terhadap kesetaraan pria-wanita(kesetaraan gender) dalam politik
Tumbuhnya gerakan pro demokrasi dan Hak Asasi Manusia

D. SIKAP TERHADAP DAMPAK GLOBALISASI
Sikap-sikap yang sebaiknya dikembangkan dalam menghadapi dampak globalisasi yaitu :
1. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) indonesia
2. Meningkatkan kualitas nilai-nilai keimanan dan moralitas masyarakat
3. Mendorong dan mendukung upaya pemerintah indonesia untuk memperjuangkan keadilan dan keseimbangan antar bangsa
4. Mendorong dan mendukung upaya pemerintah indonesia untuk mendesak negara-negara maju agar mau memberikan dana perbaikan lingkungan hidup
5. Meningkatkan jiwa dan semangat persatuan, kesatuan dan Nasionalisme